Wednesday, January 23, 2013

Brownies Cupcake

Siang ini habis bikin strawberry crumble brownies, orderan dari customerku. Besok harus dikirim ke Jambi. Tapi baru nyadar, besok hari besar, dan artinya semua pengiriman pada tutup. Yaudah la, ntar dimasukin ke kulkas dulu aja, lusa baru dikirim super kilattt..

Sisa adonannya aku bikin di papercup supaya menarik. Hasil pertama, teksturya tidak sesuai harapan. Ronde kedua, dibantuin adeku, ok la lumayan, teksturnya much better. Malah habis bantuin eh dia nyomot bbrp cup. batal diett.. haha
Yang mau nyoba, boleh cobain resep ini. Lupa ambilnya dari web blog yang mana (habisnya kebanyakan referensi wkwkwk) tapi aku adjust beberapa takarannya biar gak kemanisan. Habisnya tiap bikin brownies selalu di komplain, dibilang terlalu manis. Padahal sudah sesuai resep. Yaudah akhirnya dikurangin deh. hehehe
Resep Brownies Cupcake:
Bahan: 250 gram  butter / mentega
            200 gram  dark chocolate, di cincang
              80 gram  cocoa powder (aku pakai 40gram)
              65 gram  tepung terigu
                1 sdt     baking powder
            220 gram  gula pasir, diblender supaya halus
               4  butir   telur
                1 sdt     rhum pasta (optional, boleh diganti vanili bubuk/vanilla extract)

(itu ukuran 1 resep, kalau mau nyoba dulu, bikin 1/2 resep ya, jadinya dah lumayan banyak kok)

Cara:
1. Preheat oven 180derajat
2. Di wadah kering, lelehkan coklat cincang dan butter, sisihkan (biarkan agak dingin, karena kalau panas dan dimasukkan pada adonan telur, maka cepat kempis, takutnya bantat)
3. Telur dan gula dikocok rata (aku takut bantat dan teksturnya keras, jadi aku mixer selama kurang lebih 15menit dengan kecepatan medium-high, sampai adonan pucat dan kental. Ini mensiasati kalau masih kurang bisa mengaduk dengan cara folding. Jangan overmixing ya)
4. Masukkan dark chocolate yang sudah dilelehkan bersama butter, dan masukkan rhum pasta, aduk rata
5. Masukkan tepung terigu, baking powder, cocoa powder, yang sudah diayak. Aduk rata (pakai spatula lebih bagus)
6. Tuang dalam papercup, bake 20-25 menit, 180derajat

(Setelah dingin, bisa dihias dengan buttercream / cheese cream. Aku tadi hiasnya pakai cheese cream yang dicampur dengan whipped cream dan sedikit gula halus)
Ini sebenernya mau bikin brownies yang teksturnya seperti brownies-brownies yang orang biasa jual, tapi karena aku suka yang lebih cakey , aku gunakan teknik di atas. Violaaa.. hasilnya lembut kayak chocolate cake, tapi kalau dimasukin ke kulkas, jadi kayak tektur brownies yang agak keras. Yummy...

Selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment