Friday, July 19, 2013

Fluffy Yogurt Oat Pancake


Tiap pagi kalau ngak makan berat alias nasi dan kawan-kawannya, tapi sometimes kalau lagi rajin nge-gym, malah gak pake breakfast, langsung ngacir nge-gym sampe bercucuran, alhasil setengah jam setelah gym, brasa kayak spons yang diperas abis-abisan, dan siap menyerap apapun yang di depan mata. Kalau ngak bijak memilih makanan yang masuk, ya nihil deh hasilnya. Karena pengen sesuatu yang enak dan ngak merasa 'berdosa' setelah makan (hihihi cekikikan), akhirnya aku buat pancake tapi dengan komposisi yang lebih sehat. Setelah googling, akhirnya nemu resep yang 'kelihatannya' meyakinkan dan simple tentunya. 

  • 1 cup  all purpose flour (aku pakai 1/2 cup flour and 1/2 cup instant oat)
  • 1/2 tsp baking powder
  • 1/2 tsp baking soda
  • 1/4 tsp salt
  • 1 tbsp sugar (aku pakai brown sugar)
  • 1 large egg (aku pakai 2 putih telur)
  • 2/3 cup plain greek-style yogurt (aku pakai low fat yogurt)
  • 1/3 cup milk (aku pakai low fat milk)
  • 1 tbsp lemon juice (kalau tidak ada,bisa di skip)
  • 1 tbsp lemon zest (kalau tidak ada,bisa di skip)
  • 1 tbsp butter, melted, and cooled (aku pakai olive oil)
 CARA: 
1. Campur dry ingredients (flour, instant oat, baking powder, baking soda, salt, brown sugar.

2. Di bowl terpisah, kocok putih telur sampai soft peak. Tambahkan yogurt, susu, lemon zest, lemon juice, olive oil/melted butter. Campur rata.
kocok putih telur sampai soft peak, untuk membuat adonan lebih light dan fluffy

3. Campur dengan menggunakan spatula, dry ingredients ke wet ingredients, sampai menjadi adonan yang lembut. Don't over mix pls
adonan pancake lebih berserat dengan komposisi oat
4. Oles sedikit minyak atau mentega pada teflon datar. Masak dengan api kecil sampai adonan terlihat mengeluarkan gelembung kecil. Balik, sampai kedua sisi berwarna cokelat keemasan.
masak dengan api kecil sampai keluar gelembung kecil


5. Bisa disajikan dengan butter, maple syrup, cheese cream, selai cokelat, selai kacang, or ice cream.

N.B. Resep sudah aku kombinasi dengan bahan yang lebih berserat dan low sugar. Dijamin fluffy lembut dan sehat. Cocok untuk menu sarapan bagi yang diet.



No comments:

Post a Comment