Saturday, August 17, 2013

Our Journey (part 1)

       

         Uda lama sebenernya pengen share tentang kebaikan-kebaikan-kebaikan-kebaikan-kebaikan (banyak ya? soalnya emang buanyak bangettt hehe) Tuhan dalam perjalanan hubunganku dengan FJ. Ni semata-mata buat sharing dan bair jadi berkat buat siapa aja yang oneday baca ini. Aku cuma mau bilang kalau Tuhan gak pernah berpaling sedikitpun dalam hidup kita. Everything work together for good reason, according God's plans in our life ( Roma 8:28 ). Oke daripada kelamaan, aku mulai dari awal hidupku before meet FJ. 

               Sebelum aku ketemu dengan FJ, aku merasa hidupku ancurr banget. Aku punya banyak kepahitan masa lalu yang buat aku stuck and susah move on. Kepahitan-kepahitan dari hubungan sebelum-sebelumnya, ngebuat aku mrasa oh no i don't have future at all. Sama yang namanya cowo uda anti banget, mau mulai hubungan tu masi yang males-males. Soalnya takut ujung-ujungnya bakalan sakit hati lagi. 

            Cape sama tetekbengek basa-basi cowo yang gak penting (yang aku ngrasa tu cuma di depan doang, di belakang beda kenyataan), eneg kalau tau dibohongin apalagi selingkuh *cuihh*, sampe gak bisa percaya sama omongan yang kluar dari mulut cowok. Parah kann.. Nah, kepahitan2 itu secara gak sadar yang membuat aku gak bisa growing. Mrasa nyesel ketemu si A, ngrasa nyesel hubungan sama si B, duh andai waktu bisa diputer gw ga bakal mau kenal sm lu. Itu mulu yang ada di otakku. But, setelah ngelewatin proses-proses yang Tuhan lakuin di hidupku, sekarang aku sudah bisa bilang "aku gak pernah nyesal dengan semua yang terjadi di hidupku karena semua Tuhan ijinin terjadi di hidupku untuk good reasons yang ngebentuk aku menjadi pribadi yang sekarang"

                 Singkat cerita, kalau gak salah sekitar akhir 2011, temanku waktu jaman SMA (namanya Veve) ngajak ketemuan soalnya dia lagi holiday di Surabaya. Nah waktu itu dia tiba-tiba bilang, "Jos, uda punya cowo belum? kalau belum, aku kenalin ya ke temannya suamiku di Melbourne. Kami gereja bareng. Orangnya baeee. Ya kenal-kenalan dulu aja gpp, jadi teman dulu, ya siapa tau aja cocok." 

                 Pada waktu itu, sebenernya aku lagi ya deket sih sama satu orang cowo. Tapi cuma dekat biasa, masih belum yang pasti karena masih baru kenal juga sama cowo itu. Nah karena aku juga tipe yang gak enakan sama teman, jadi ya aku iya iya in aja. Gak enak kan masa bilang ngak, padahal niat dia baik. Toh jauh gini sama tu cowo, ah gak akan jadi juga, alah temenan aja , gitu batinku. Then waktu Veve balik ke Melbourne pun, aku juga gak bahas apapun tentang itu, aku mikirnya palingan juga lupa, lagian juga jauh jadi aku juga gak gitu interest. hihihi...

               Kira-kira beberapa minggu ato sebulanan gitu, setelah acara ketemuan di Surabaya, tiba-tiba Veve BBM diriku, kirim foto FJ. Hal pertama dipikiranku, aaaww ni cowo bukan tipe gw banget, gw ga suka cowo kurus. TETT TOOOTTT no no for me. Sampe aku mulai dekat pun aku sempet doanya Tuhan tolong jangan bikin aku jodoh sama cowo ini.  Jahat ya diriku. hihihi . Manusia gw langsung muncul, ngelihat cover duluan sebelum mengenal pribadinya. Padahalllllll akhirnya sekarang malah fall in love sama FJ  hahahaha *kualat*

             Ni Veve trus bilang kalau boleh ngak pin BB ku dikasih ke cowo itu. Biar tu orang add and bisa chat sama aku. Nah setelah di add, ni orang sombong amat pikirku, ya gimana gak sombong, habis ngeadd, dih ngajak chat aja kagak. Aku juga jual mahal dong yah.. wakakakka... Trus Veve ngajakin conference chat, supaya gak kagok kali ya. Dikenalin dulu, trus becanda-becanda, trus eh tiba-tiba si Veve ngilang leave conference nya. Tinggal deh kami berdua, ya chat basa basi sih sebenernya. Trus gak chat lagi besokan nya. Lamaaa gak chat.. eh skali nya chat eh cuma nyapa basa-basi sebentar, trus ngilang. Dih ni manusia sok amat. hehehe. 

               Aku mikir ah toh jauh ini, gak bakal ketemu juga. susah la Long Distance Relationship, uda kapok ni critanya jaman dahulu kala pernah LDR juga. Mana dia juga BBM basa basi mulu, termasuk cowo pendiem bagi gw. Itu awalnya sodara-sodara, sekarang mah uda kayak mercon bawelnya kalau lagi chat and telpon wkwkwkwk. Nah aku ni tipe cewe "mercon" alias kalau gak disumet *hihihi boso jowo nya kluar* Maksudnya kalau gak dikasih api duluan, ya bakal diem kesannya. Tapi begitu dikasi api, langsung deh duueerrrrr apalagi kalau uda cocok sama orangnya, uda kayak mercon cicitcuit bawelnya gak bisa brenti. Jadi misal kalau ketemu orang baru, kalau gak diajak ngomong duluan, ya diem deh. Kalau diajak ngomong baru ngejawab, tapi kalau gak ada topik diem lagi (kesannya kurang friendly, abisnya bingung susah ni otak nyari topik buat basa basi haha)

                  Nah karena smua alesan itu akhirnya diriku mikir yauda deh hubungan sama yang deket-deket aja. Nah hubungan sama si A yang ternyata sifat dan kelakuannya beda 180 derajat sama waktu awal kenal. Dengan 'ke-kristenan' nya yang selalu membuat aku banyak excuse dan berharap Tuhan bakal bikin dia brubah menjadi lebih baik. Tapi malah makin menjadi. Yang ada malah hubungan makin parah, brantem brantem brantem, dan he lied to me. Singkatnya, apa yang dia bilang slama ini ternyata tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Gilaaa di saat itu aku gak nyangka aja, kenapa aku ngalami hal lagi, alias diboongin mulu sm cowo. Kepahitan ditutup sama kepahitan. Itu dulu yang selalu mrasa Tuhan kok harus gini, Tuhan kenapa hidup gw gini mulu sih. Pokoknya isi nya roh mengasihani diri sendiri, mengeluh mengeluh dan mengeluh. 

                    Di saat itu, tiba-tiba setelah beberapa bulan aku and FJ gak contact sama skali, tiba-tiba dia BBM nyapa gitu. Tumben ni orang muncul setelah menghilang skian lama, batinku. Di saat aku lagi bener-bener down karena hubungan yang hancur bahkan masih ninggalin sakit hati yang belum beres, FJ memposisikan dirinya sebagai teman yang baik. Mungkin orang bakal bilang, ya iya lah lagi down trus ada orang baik hati bantu pasti itu celah yang dimanfaatin untuk deketin cewe yang lagi patah hati. Aku sampe tanya sama FJ, kenapa lu baik banget ke aku. Bela-belain temenin malem chat ngalor ngidul ngomongin hal apa aja supaya mengalihkan pikiranku supaya pas aku lagi nangis malem gak bisa tidur mikirin sakit hati, tiap pagi kasih ayat alkitab yang nguatin aku pas aku bangun tiap pagi nangis meratapi kisah sedih penghianatan *widihhh dalem bahasanya* Dia cuma bilang satu hal, "Aku lakuin ini semua karena Tuhan Yesus dah baik duluan ke aku, aku pengen bantu semua orang yang butuh dibantu, apa aja yang bisa aku bantu. I want to help others"  Aku langsung kaget, oh masih ada orang yang baik and tulus ya jaman sekarang. Tapi karena kepahitan2 masa lalu, bikin diriku gak gampang percaya bo.. All must be tested.

                         Trus singkat cerita, kami menjadi teman yang baik. Saling membangun, mengingatkan yang baik. Aku gak ada rasa lebih dari teman waktu itu, karena aku mikir persentase untuk ketemu aja tipis banget, jauh pula, orangnya kayak apa aja cuma tau sekedar di chat, jadi bener-bener kami pure berteman. Sampai oneday kami jadi semakin dekat, baru aku brani bawa dalam doa, aku bener-bener minta Tuhan kasih tanda apakah FJ adalah orang yang Tuhan kasih untuk jadi my future husband atau ngak. Aku bener-bener bukan cari pacar, tapi cari future husband. Orang yang bakal jadi my partner for the rest of my life. The one that will be a good father for my future kids. A godly man that God has chosen and prepared for me. Sampe yang paling ekstrim, aku doa kalau orang ini bukan yang Kau pilih untuk aku, tolong jauhkan sejauh-jauhnya, semakin cepat semakin baik Tuhan... hehehe...

                       Hampir setaon sejak kami kenal, akhirnya ketemuan, itu pun pada awalnya bener-bener tanpa rencana. tapi semua kayak tanda dari Tuhan. Semua dimudahkan jalannya sampai akhirnya kami bisa ketemuan secara langsung for the first time. Dan yang paling lucu, sebulanan sebelum ketemua, doa ku malah "Tuhan kalau dia jodohku dari Kau, tolong jangan sampe aku ilfil pas ketemu dia, dan dia juga gak merasa ilfil ke aku" (secara aku kan gak suka sama cowo kuyusss hehehe). Sampe pas perjalanan jemput ke airport, doaku masih sama booo.. soalnya aku kan ilfil-an sama cowo kuyuss. Diriku suka yang chubby-chubby, jemblung perut buncit dikit hahaha... selera yang aneh, kata temanku.

                         Pas ketemu yang aku kira bakal diem-dieman, ternyata malah nyambung ngobrolnya. Meski ketemuan 3 hari doang (cepet banget ya, soalnya lusa nya aku ke China jalan sama ade2ku, uda beli tiket dari setaon lalu, jadinya gak bisa dipending) plus jalan-jalan ke Jatim Park sehari, ternyata fun juga. 

                         Sebulan setelah dari Surabaya, FJ bilang kalau dia mau hubungan serius sama aku. Tapiiii masa ngomongnya di telpon waktu aku lagi sliyer-sliyer ngantuk mejemin mata uda mau tidur. Hahahaha.. Dan dengan isengnya aku bilang kalau suruh besok diulangi lagi ngomongnya waktu aku dalam keadaan sadar. Ya gimana mau jawab, wong lagi ngantuk berat haha..

                          Setelah 'jadian', kami jadi semakin dekat, bicara uda ga sekedar basa basi lagi, tapi lebih ngobrolin visi ke depan, mau dibawa kemana hubungan ini, trus belajar melibatkan Tuhan dalam hubungan kami. Oh iya, waktu 'jadian', kluargaku belum ada yang tau, tapi lama-kelamaan mereka pada curiga juga, soalnya ngliat aku lama-lama nelpon, jempol goyang-goyang mulu di BB. Akhirnya diriku buat pengakuan deh, itu dag dig dug nya luar biasa, karena kali ni kluarga lebih selektif soal urusan pasanganku kelak. I know mereka mau yang terbaik buat aku, gak mau liat aku down lagi. Even sometimes aku ngrasa bete juga, kayak semua-semua diawasi, curiga kalau aku pergi, dll. 

                           Awal mama gak 100% setuju, dengan berbagai alesan. Dari yang jauh, belum kenal, orang medan (gak tau kenapa orang surabaya rada gmn gitu kalo sama orang medan, ya mgkin krn omongan org2 kebanyakan, tapi ni medan yang baik lho..Bahkan skrg aku banyak nemuin medan yang toppp sikapnya). Untuk ngeyakinin orang tua emang bukan hal yang mudah buat aku, karena aku emang tipikal anak yang kurang dekat dengan orang tua, plus emang kurang terbuka dengan kluarga. Malahan lebih dekat ke teman. Sampe mama dulu prnh bilang kalau aku tipe orang yang terlalu belain teman yang even kepala sendiri pun bakal dikasi demi teman :)

                         Semua butuh proses kan? Sama dengan aku, hubungan yang awalnya agak2 'backstreet' dari keluarga, lama-lama bisa kebuka juga. Aku tipe yang susah banget ngenalin cowo ke kluarga. Prinsipku, kalau hubungan belum bener-bener pasti (hati ku juga hrs sreg banget), ga akan aku kenalin ke keluarga. Even hanya untuk kenalin sebagai teman dekat pun. Ya aku takutnya kalau uda dikenalin, eh trus ternyata gak jadi alias putus hubungannya, malu bo sama kluarga. Trus jadian sama yang baru trus kenalin lagi trus putus trus kenalin lagi. Kesannya kayak gonta-ganti. Jadi aku bakal kenalin kalo hati aku bener-bener sreg and yakin sama tu orang plus kalau hubungannya uda bener pasti. Itu yang ngebuat kluarga seakan aku tertutup dan penuh misteri. arghh.. hehehe...

                       Sampe akhirnya FJ ada rencana mau ke Surabaya, dan ajak mama papanya, ponakan plus ade nya ke Surabaya, untuk ngunjungin kluarga koko nya yang di Surabaya plus skalian kenalan sama keluargaku. Itu aku bener-bener doa kencengg.. Tuhan, tolong kasih tanda. I need a sign if he is the one. Kalau FJ bener yang Tuhan kasih buat hidupku, tolong kasih tanda (lama-lama dijitak sama Tuhan,ni anak minta tanda mulu gak habis2 hehe). Tapi kali ni aku minta tanda yang bener-bener serius, tanda yang gak bisa dikompromi dan ditawar. Aku doa minta Tuhan tolong kasih tanda "mama papa ade2ku setuju waktu udah ketemu FJ, setuju sama hubungan kami' (selama ini tiap aku hubungan, keluarga gak setuju sama pilihanku) Jadi, tanda setuju dari mereka, adalah mewakili tanda setuju dari Tuhan, itu doaku.

                    ...................................... (to be conntinued)

No comments:

Post a Comment