Saturday, August 24, 2013

Roti Manis (water-roux teknik)

 


Lagi kerajingan bikin roti, gara-gara percobaan bikin ROTI YANG PERTAMA berhasil dan langsung laris manis sama orang rumah. Tapi kali ini, diriku pengen bikin soft bread dengan resep lain, ya pengen tau aja perbandingannya dengan resep yang kemaren. Kali ni aku pengen cobain resepnya Mbak Ricke. Aku soalnya penasaran dengan teknik water-roux. Resepnya aku pakai setengah resep yah, karena mau nyobain, plus supaya gak cape ngulenin-nya, maklum dough hook mixer-ku ilang bo.. Jadi ya pake ilmu tenaga dalam aje buat ngulenin adonannya. Kalo satu resep, bisa dempal ni lengan. Gak kuatt..

Resep aku pakai setengah resep, sbb:

ROTI MANIS

Bahan:

  • 188 gram tepung protein tinggi (cakra kembar)
  •  50 gram tepung protein sedang (segitiga biru)
  •  18 gram susu bubuk
  •  1/2 sdt vanilli bubuk
  •  38 gram gula (kurang manis, aku pakai 60 gram)
  •   6 gram ragi instant
  •  1/4 sdt bread improver (optional, boleh di skip)
  • 1 butir kuning telur, kocok lepas
  •  75 ml air es 
  •  25 gram butter
  • 1/4 sdt garam

Water-Roux Paste:
  • 13 gram tepung protein tinggi
  • 63 ml air biasa

Olesan: 1 kuning telur + 1 sdm olive oil + 1 sdt madu/susu kental manis + 1sdt air --> campur rata


CARA:
  1. Water-Roux --> tepung dan air di whisk, lalu panaskan di atas api kecil sambil terus di aduk, jangan sampai mendidih. Aduk sampai adonan jadi seperti pasta (mengental dan berwarna putih susu). Trus angkat dari api, sambil terus di whisk supaya uap panasnya hilang. Sisihkan.
  2. Di bowl terpisah, masukkan semua bahan kering (tepung, susu bubuk, vanili, gula, ragi instant, bread improver) kecuali garam jangan dimasukkan. Trus aduk rata.
  3. Masukkan water-roux pasta,, aduk rata. 
  4. Masukkan kuning telur dan air es sedikit-sedikit, aduk rata.
  5. Uleni adonan, sampai kalis dan elastis (halus licin, kalau adonan ditarik tipis tidak robek seperti kulit martabak). Kalau ulenin pakai tangan secara manual, sekitar 40menitan, kalau pakai mixer roti, sekitar 20menitan,
  6. Istirahatkan adonan pada bowl yang diberi olesan minyak dan tutup rapat dengan plastic wrap/serbet hangat. Selama kurang lebih 45menit (sampai adonan mengembang 2X lipat)
  7. Tinju/kempeskan adonan, Bagi bulatan sebesar yang diinginkan. Gilas dan isi adonan dengan filling (cokelat meses, keju parut+susu kental manis, kismis,dll). Saya bagi adonan @40gram
  8. Letakkan di cetakan atau di cup kertas. Istirahatkan kembali adonan selama kuranglebih 1jam.
  9. Setelang mengembang, beri olesan dan topping (keju parut / coklat meses, dll)
  10. Panggang di suhu 180 derajat celcius, selama kurang lebih 15-20menit / sampai browning (tergantung besarnya adonan)
*) untuk cara membuat bentuk seperti bunga, aku pakai cara di SINI tapi aku plintir searah.

sebelum di bake

setelah dikasi olesan
Maap untuk yang roti bentuk 'bunga', diriku kelamaan nge-bake, jadi agak kecoklatan deh warna-nya. Padahal baru ditinggal ke atas bentar, eh pas nengok ternyata uda coklat aje. hehe.. tapi masih haujek.

Untuk keseluruhan, tekstur roti dari resep ini enak dan lembut. Tapi kayaknya diriku lebih prefer yang resep KEMARIN . Karena teksturnya sama lembutnya, tapi tekniknya lebih gampil. Biar gak ribet nimbang and banyak cuci bowl. hihihi.. 


Karena pengen cepet kelar, pengen rebahan, uda pegel encok bo, jadinya sebagian adonan aku bikin bulat-bulat, diisi filling keju parut+susu kental manis, trus diriku taruh di cup kertas. hihihihihi...



No comments:

Post a Comment