Tuesday, August 20, 2013

Roti Manis Empuk (soft bread)



Aku tipe orang yang demen banget sama makanan yang berbau-bau tepung. Dan dengan segala penasaranku dengan per-roti-an, setelah sempet kecewa dengan hasil cinnamon rolls yang aku buat beberapa waktu lalu, diriku makin getol baca yang namanya segala tips untuk membuat basic bread yang empuk puk puk.. dari tips adonan sebelum di fermentasi, gimana cara tau adonan uda kalis elastis, sampe tentang suhu untuk nge-bake roti. Pokoknya segala teori aku pelajarin demi menghasilkan roti empuk. Ya maklum cita-cita belajar bikin roti, untuk nanti di Melbourne kalo dah married, diriku mau 'jejelin' FJ sama segala macam makanan supaya endut and chubby. Secara katanya di Melbourne roti tu agak mahal, yauda la belajar dulu sebelum eike kesana. Itung-itung juga ntar kalo uda punya anak, kan cita-citanya pengen 'jejelin' anak dengan makanan dan jajanan homemade yang sehattt biar pada muontokk.. hehe..

Ni resepnya aku sekarang pake resep soft bread-nya NCC. Kan dari banyak comment hasil googling , ni resepnya tokcer, kalo ikutin smua instruksinya, dijamin rotinya empyukkk..

SOFT BREAD (NCC)
dengan sedikit modifikasi saya

Bahan:
  •  200 gram terigu protein tinggi (cakra kembar)
  •    50 gram terigu protein sedang (segitiga biru)
  •    60 gram gula
  •     6 gram ragi (dry yeast)
  •    1/2 sdt bread improver (optional, boleh di skip)
  •      2 kuning telur
  •   50 ml air es
  •   50 ml susu cair full cream yang dingin
  •   50 gram mentega / margarine
  • sedikit garam
bahan olesan:  1 kuning telur, 1 sdm susu kental manis, 1 sdm olive oil (aduk rata)


CARA:

  1. Campur di bowl (terigu, gula, ragi, bread improver), aduk rata. Lalu masukkan kuning telur satu per satu, aduk rata dengan sendok kayu/spatula.
  2. Masukkan air es dan susu cair dingin. aduk rata. Uleni sampai kalis dan halus.
  3. Setelah kalis, masukkan mentega dan garam. Uleni sampai KALIS dan ELASTIS
  4. Setelah benar-benar kalis dan elastis, baru taruh di bowl yang sudah diolesi minyak, kemudian tutup dengan lap ato dengan plastic wrap. Diamkan/istirahatkan adonan sampai mengembang 2x lipat dari ukuran semula (biasanya sekitar 30menit, tergantung cuaca di dalam rumah, kalau hangat makin cepat mengembang) 

  5. Setelah mengembang 2x lipat, 'tinju' adonan supaya kempes. Lalu bagi-bagi adonan, timbang 30-35gram (tergantung selera)
  6. Isi adonan dengan filling (coklat, keju, isi daging, sosis, selai strawberry, selai srikaya, dll). Kalau aku filling coklatnya pake meses ceres + susu kental manis, yang filling keju pake keju cheddar parut+susu kental manis. Enakkk lho..
  7. Setelah diisi filling, bulat-bulatkan. Letakkan di cetakan atau tray, yang sudah diolesi minyak. Beri jarak ya, karena adonan bakal mengembang lagi. 
    setelah di fermentasi tahap 2
  8. Istirahatkan adonan selama 1jam.
  9. Sebelum di oven, olesi dengan bahan olesan.
  10. Oven dengan suhu 160-170 derajat celcius, selama 15menit (tergantung ukuran adonan yang dibuat)
Tips:
- Adonan sebelum di fermentasi, harus dipastikan diuleni dengan bener-bener kalis dan elastis. Kalis dalam arti adonan licin halus. Tanda elastis, adalah adonan bisa ditarik tipis tanpa robek (seperti kulit martabak kalau ditarik, tipis tapi gak sobek). 
- Untuk pengulenan kalau pake mixer dough, 20menit an. Untuk pengulenan adonan secara manual, saya dapat adonan kalis dan elastis sekitar 30-40menit (adonan aku uleni seperti mengucek baju pake telapak tangan bawah, dan supaya gak pegel, divariasikan dengan gaya banting adonan hehehe.. cocok ni untuk yang lagi emosi, banting adonan bikin cepet kalis elastis, haha)
- Kalau tidak ada susu cair dingin, boleh diganti dengan air es semua.
- Jangan oven adonan terlalu lama, asal matang merata dan browning, langsung angkat ya. Kalau terlalu lama di oven,roti setelah dingin jadi keras.
- Bahan diatas, adalah setengah dari resep asli NCC (jadinya sekitar 15-16 bulatan, setelah dibagi per 30gram adonan)



Asliii.. setelah keluar dari oven, roti ni bener2 menggoda iman. Bau harum plus empukkk pukk pukk. soft banget. Baru keluar oven, dlm sekejap diserbu orang rumah. Buat yg pertama kali belajar buat roti, ni resep dijamin top, resep diatas, aku pakai setengah dari resep asli ya. Namanya juga belajar, jadi setengah resep dulu, supaya kalau gagal gak mubazir sayang bahan kebuang. hehehe... Tapi ternyata oh ternyata, berhasilll... Dan bakalan sering-sering bikin roti nih kayaknya :):)



setelah keluar oven, tekstur empuk dan lembut


tekstur besok harinya, masih empuk :)

Yuk, jangan putus asa bikin homemade bread. Gagal tu bikin terpacu untuk belajar dari kesalahan :) Tapi begitu berhasil, semua perjuangan pengulenan bakal terbayarkan. Apalagi kalau lihat keluarga pada lahap makan habisin tu roti, fiuhhh senengnyaaa.. hehehe... 


No comments:

Post a Comment