Monday, August 26, 2013

Put Action Behind Your Faith

Uda sebulanan sejak libur lebaran ngebuat efek-efek libur masih kerasa. Efek males yang luar biasa. Males renungan, males doa, kadang juga males gereja. ALARMMM!!! Perlu 'disiram' nih otak supaya gak sampe kebablasan malesnya. Mungkin karena aku ngrasa lagi di comfort zone. Jadinya merasa semua fine2 aja, jadi padam rohani. Kelihatannya sih enak, fine-fine aje, santai, tapi deep inside my heart tuh aku ngrasanya kosong aja. Jangan sampe kelamaan padam rohani dan ngebuat Tuhan harus 'bertindak' supaya api-nya nyala lagi. Prinsipku seperti biasa, kalau gak bisa renungan and doa, ya gpp la at least masih muji Tuhan mulutnya, ya tambah lagi deh dengerin firman via youtube, jadi masih gpp kan. Tu prinsip ntah dari mana, tapi namanya manusia, pasti kebanyakan excuse ya. 
PROGRESS IS PROGRESS, NO MATTER HOW SMALL

Aku buka youtube, dan langsung cari sermon-nya Joel Osteen. Ya itung-itung skalian nglancarin telinga buat ngerti inggris. Seperti biasa, aku kalau milih sermon milih dari judulnya dulu hehe... Ya kan yang 'kena' di hati. Langsung deh 'kepincut' sama sermon Joel Osteen judulnya "PUTTING ACTION BEHIND YOUR FAITH". Ternyata isinya kliatannya sepele, oke tentang pengharapan, tentang 'nyalain iman', tentang 'do action', tapi ternyata bukan cuma itu. Banyak hal yang keliatannya kita uda lakuin, padahal kita lakuin tu cuma sekedarnya doang. Makanya gak salah kalo kita sering kali belum melihat MIRACLE even kita uda beriman. 

Guys, ternyata iman doang gak cukup lho. Dan itu sekarang aku baru sadar. Selama ini aku kira kalo iman doang tuh uda cukupp. Kan kata firman, iman sebesar biji sesawi ajaaa uda cukup buat mindahin gunung (Matius 17:20). Selama ini, itu doang yang aku nyentel di otak. Ya kalo ada masalah, aku doa doa doa, Lord I put my trust in You. Tuhan aku imani semua janjiMu. Tuhan aku percaya Engkau bisa bantu aku, bla bla bla....

Tapi seberapa banyak dari kita, yang selama ini cuma doa dan ngomong gitu doang, setelah itu udah aja. Cuma punya pengharapan Tuhan bakal selsein menurut kehendakNya, tapi kita jadi orang yang cuma nunggu dan pasrah?? Yes, I was. Aku salah satunya. Dan secara gak sadar, itu yang uda aku lakuin. Tapi begitu dengar sermon itu, aku mau belajar dan mau lakuin, kalau TINDAKAN itu perlu, bukan sekedar iman doang. Inget di Yakobus 2:17, IMAN TANPA PERBUATAN ADALAH MATI

God is moved not by our needs. God is moved by our faith. 
Ketika Tuhan ngeliat kita membantu orang lain padahal kita sendiri lagi perlu pertolongan. Ketika Tuhan ngeliat iman kita itu, hati Tuhan tergerak karena iman perbuatan kita ke orang lain. Tuhan liat itu lho. Hatinya melted. Dan, WOW extraordinary thing will begin to happen. God's heart is not moved by begging, God is moved by the faith. Apa yang kita lakuin untuk menyentuh hatinya Tuhan?? ATTRACT GOD'S ATTENTION

Tuhan lagi cari orang-orang yang punya iman yang bisa Dia LIHAT, bukan sekedar iman yang cuma Dia dengar. A faith that demonstrated. A faith that VISIBLE.

Jangan jadi orang yang nuntut ini itu ke Tuhan.
- Tuhan aku bakal maafin pasanganku, kalo dia minta maaf ke aku duluan
- Tuhan aku bakal kasi bantuan ke panti, tapi kalo aku uda punya banyak duit.
- Tuhan aku bakal bantu anak jalanan, tapi kalo aku uda kaya,dll...
Kadang orang mau result dulu, bahkan sebelum nglakuin apapun. Ingat, kita bukan anak-anak lho. Iman kita iman yang dewasa. Do something first, to show God that you are serious. 
God says, "you got to go first, you must to show me your faith and than I will give you exactly what you need"

Hidup itu penuh pilihan,bukan??
- Saat orang lain milih ke mall waktu hari minggu, tapi kita milih untuk ke gereja, That's putting action behind ur faith.
- Saat kita merasa sedih dan terpuruk, tapi kita milih untuk tersenyum, That's putting action behind ur faith.
- Saat hati kita sakittt karena dihina orang lain, tapi kita gak bales ngatain, malah ngedoain, That's putting action behind ur faith.
- Saat teman lagi butuh teman curhat waktu lagi galau tengah malam, kita punya pilihan untuk molor, tapi kita malah brusaha beri waktu yang terbaik untuk jadi teman curhat yang baik, That's putting action behind ur faith.

HELP YOURSELF BY HELPING OTHERS
Kalau keadaan kita lagi 'makmur' banyak duit, trus kita kasih ke orang, itu gak salah dan mungkin tidak terlihat pengorbanannya, kan toh banyak duit, ya wajar, gak akan berasa. Tapi gimana saat kita lagi ngepress banget duit cekakk, tapi waktu liat pengemis di pinggir jalan yang lebih butuh bantuan, dan kita beri berkat itu walau kita sendiri lagi kurang lho sebenernya. That's putting action. Lukas 6:31, "Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka."
Hati Tuhan bakal melted se melted2nya. Your faith allowing God to take battle for you. Your faith is opening the door for extraordinary.

Aku jadi keinget sama kata-kata dari istri pendetaku di Malaysia dulu, intinya, kalau kita liat orang butuh bantuan, itu tandanya Tuhan mau supaya kita bantu orang itu, bahkan even kita kepepet sekalipun, ya at least do your best. Karena Tuhan uda MILIH kita untuk bantu orang itu. Jangan keras hati dan pura-pura gak lihat. Karena kalo kita gak mau bantu, jangan salahkan kalo Tuhan gerakkan hati orang lain untuk bantu orang itu, dan kita bakal kehilangan kesempatan untuk menerima miracle dalam hidup kita. Tuhan tuh bukan Tuhan yang berhutang, Dia gak bakal tinggal diam, cuma ngeliat oh ya anak ni dah bantu orang, ywda bagus deh. Uda gitu aja. NOOO.. Dia malah bakal tergerak untuk memberikan lebihhhh. REWARD tuh kan datangnya belakangan, bukannya di awal kan. So, kejarrr yang Tuhan mau untuk kita lakuin. Jangan sampe Tuhan kasih 'kesempatan untuk berkatin orang' ke orang lain lho.. RUGIII!!!


James 2:22 , "You see that his faith was working with his works, and as a result of the works, faith was perfected."

Aku bukan anak Tuhan yang sempurna, aku juga masih kadang sering jatuh bangun. Kedagingan masih sering muncul. Lewat tulisan-tulisanku ini, aku sambil belajar dan juga diingatkan untuk menjadi pribadi yang semakin baik dan baik lagi. Aku percaya oneday sharing-an ku ini, bakal jadi berkat buat orang lain. Dan kita bisa sama-sama belajar bareng-bareng, untuk jadi semakin indah di mata Tuhan :)

ACTIVATE YOUR FAITH... BIRTH EVERY DREAM... GIVE YOUR 100%...



-Joice-

No comments:

Post a Comment